Jakarta –

Pagelaran Java Jazz hampir mempunyai cerita yang berbeda tiap tahunnya. Tahun ini misalnya, festival musik jazz ini diwarnai oleh banyak musisi pop. Sesuatu yang sah-sah saja, selama masih memegang konsep awal festival tahunan bergengsi itu.

Salah satu musisi jazz yang selalu jadi langganan festival ini adalah Rio Sidik. Menurut Rio, ramainya Java Jazz Festival 2015 dengan musisi pop adalah hal yang membuatnya makin berwarna.

“Banyak nge-popnya (tahun ini), gapapa yang penting ada niat untuk bikin festival serta spirit (orang) Indonesianya,” tutur Rio Sidik yang pernah tergabung dalam grup Saharadja.

Pria pemain trumpet tersebut mengakui, selama pagelaran musik ini berlangsung dia hanya pernah absen 3 hingga 4 kali saja. Bisa dibilang dia ikut tumbuh bersama festival musik itu.

Selain JFF, berbagai festival Jazz diikuti pria yang akrab dengan musisi jazz kenamaan Maurice Brown itu. Mulai dari dalam negeri hingga di luar negeri. Lantas apa yang dirasakannya dari tahun ke tahun di JFF?

“Enak (serta bahagia), dibandingkan tahun lalu (kali ini) makin banyak orang yang dengerin musik,” ujar Rio yang menampilkan cover ‘Walk This Way’ milik Aerosmith dalam balutan Fusion Jazz yang juga diisi permainan apik trumpetnya.

Apresiasi yang diberikan penonton juga sangat baik, terlepas dari genre yang dibawakan serta nama besar sang musisi. Selama menampilkan musik yang baik maka kejujuran dari penonton dalam menikmati musik yang disuguhkan pun akan terlihat.

“Apresiasi, asyik, orang Indonesia mulai banyak mengapresiasi,” Ujar pria yang tergabung dalam Rio Sidik Quartet.

(ass/ron)